Doa Awal Tahun Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamaannya

Doa Awal Tahun Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamaannya
Bacaan Doa Awal Tahun
Bacaan Doa Awal Tahun

Dalam kitab yang berisi kumpulan doa, Maslakul Akhyar, karya Mufti Jakarta abad ke-19-20 M Habib Utsman bin Yahya memasukkan doa awal dan akhir tahun. Pada kesempatan ini, kami akan mengutip doa awal tahun tersebut.


Bacaan Doa Awal Tahun

Setelah Doa Akhir Tahun dibacakan, kemudian membaca doa awal tahun. Berikut ini adalah doa awal tahun lengkap arab latin dan artinya yang dibaca dengan harapan Alloh menganugerahkan rahmat, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat husnul khotimah, dan berbagai kebaikan lainnya.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Alloohumma antal abadiyyul qodiimul awwal. Wa ngalaa fadhlikal ngadhiimi wa kariimi juudikal mu-awwal. Haadzaa ngaamun jadiidun qod aqbal. As-alukal ngishmata fiihi minas syaithooni wa auliyaa-ih, wal ngauna ngalaa haadzihin nafsil ammaaroti bis suu-i, wal isytighoola bimaa yuqorribunii ilaika zulfaa, yaa dzal jalaali wal ikroom.

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qodim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Dilansir dari NU Online, doa awal tahun ini dibaca sebanyak 3 kali dalam rangka menyambut tahun baru. Tentu, dengan dibacakannya doa tersebut kita berharap anugerah dan kemurahan Alloh untuk kita pada tahun baru ke depan.


Waktu Membaca Doa Awal Tahun

Doa awal tahun ini dibaca sebanyak 3 kali dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah, doa awal tahun dibaca saat memasuki 1 Muharrom.

Jika merujuk pada kalender hijriah, doa awal tahun dibaca setelah Magrib pada 1 Muharrom. Hal ini disebabkan perhitungan tahun hijriyah dimulai setelah terbenamnya matahari.

Jika menyesuaikan pada tahun baru Masehi, doa awal tahun ini dapat dibacakan pada 1 Januari setelah pergantian tahun.


Keutamaan Doa Awal Tahun

Melansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama yaitu NU Online, Almaghfurlah KH Sholeh Darat Semarang mengungkap keutamaan doa awal tahun. Faidahnya sebenarnya dikhususkan untuk amalan doa awal tahun baru Islam sebagaimana yang sudah dijelaskan sejak awal.

"Barang siapa membaca doa ini tiga kali di awal bulan Muharrom setelah sholat maghrib, maka sesungguhnya setan itu mengucapkan bahwa anak Adam ini sudah aman dalam sisa umurnya selama tahun itu. Sebab Alloh SWT memberikan asisten berupa dua malaikat untuk menjaganya agar tidak digoda setan."


Nah demikianlah bacaan doa awal tahun yang bisa menjadi referensi. Semoga bermanfaat.

Wallohu a’lam.

Rate This Article

Thanks for reading: Doa Awal Tahun Lengkap Arab Latin dan Arti serta Keutamaannya, Sorry, my English is bad:)

Getting Info...

About the Author

Pengalaman Adalah Guru Terbaik. Maka, Kita Pasti Bisa Kalau Kita Terbiasa. Bukan Karena Kita Luar Biasa. Setinggi Apa Belajar Kita, Tidahlah Menjadi Jaminan Kepuasan Jiwa, Akan Tetapi Yang Paling Utama Adalah Seberapa Besar Kita Bermanfaat Untuk Ses…

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.