Sholat Sunnah Unsi Lil Qobri (Anisil Qobri) Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tata Cara, Bacaan Niat serta Doa Sholat Sunnah Unsi Lil Qobri atau Anisil Qobri Lengkap Arab, Latin dan Artinya
Tata Cara, Bacaan Niat serta Doa Sholat Anisil Qobri
Tata Cara, Bacaan Niat serta Doa Sholat Anisil Qobri

Manusia kecuali para rosul, dalam hidupnya tak lepas dari dosa. Dosa inilah yang lalu mesti ditebus dengan siksa kubur oleh yang bersangkutan. Jerit pedih mereka yang sudah mati memang tak didengar oleh manusia yang hidup. Dalam keterangan Rosululloh, hanya hewan hidup lah yang mendengar jeritan mayit yang tersiksa. Mayit pun harus menanggung kelakuan buruknya di dunia. Mereka hanya bisa menerima siksa tanpa bisa melakukan sesuatu apapun.

Mengingat itu, kita yang masih hidup mesti mengambil satu langkah agar dapat meringankan siksa kubur mayit. Lebih istimewa lagi, kita lakukan terhadap orang yang kita kenal, cintai atau yang sangat berjasa dalam kehidupan kita, orang tua, guru, atau kiai.

Di antaranya dengan memberikan hadiah kepada mayyit. Hadiah itu bisa berupa sholat dua rokaat atau berupa sedekah yang pahalanya ditujukan kepada mayyit.


Tata Cara Sholat Anisil Qobri

وَمِنْه صَلَاة رَكْعَتَيْنِ للأنس فِي الْقَبْر رُوِيَ عَن النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أَنه قَالَ لَا يَأْتِي على الْمَيِّت أَشد من اللَّيْلَة الأولى فارحموا بِالصَّدَقَةِ من يَمُوت فَمن لم يجد فَليصل رَكْعَتَيْنِ يقْرَأ فيهمَا أَي فِي كل رَكْعَة مِنْهُمَا فَاتِحَة الْكتاب مرّة وَآيَة الْكُرْسِيّ مرّة و {أَلْهَاكُم التكاثر} مرة {قل هُوَ الله أحد} عشر مَرَّات

“Sebagian sholat sunah adalah sholat dua rokaat lil unsi fi qobri (untuk memberi kesenangan pada jenazah di dalam kubur). Diriwayatkan dari Rosululloh SAW, bahwa beliau bersabda, ‘Tiada beban siksa yang lebih keras atas mayit melebihi dari malam pertama kematiannya. Karenanya, kasihanilah mayit itu dengan bersedekah. Siapa yang tidak mampu bersedekah, maka hendaklah sholat dua rakaat. Di setiap rokaat, dia membaca surat al-Fatihah 1 kali, ayat Kursi 1 kali, surah al-Takatsur 1 kali, dan surat al-Ikhlas 11 kali.”


Waktu dan Bacaan Surat

Waktu pelaksanaan Sholat Sunnah Anisil Qobri yaitu setelah Sholat Maghrib, dan bacaan setelah Surat Al-Fatihah (Rokaat pertama dan kedua sama) adalah :

  1. Ayat Kursi (1x)
  2. Surat At-Takatsur (1x)
  3. Surat Al-Ikhlas (11x)

Bacaan Niat Sholat Anisil Qobri

أُصَلِّيْ سُنَّةً لِأَنِيْسِ الْقَبْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالىٰ

Usholli Sunnatal Li Anisil Qobri Rokngataini Lillahi Tangala.

“Saya menyengaja sholat sunah untuk kesenangan mayit dalam kuburnya dua rokaat karena Alloh Ta’ala.”


Doa Sholat Anisil Qobri

اللَّهُمَّ إِنِّيْ صَلَّيْتُ هَذِهِ الصَّلَاةَ وَتَعْلَمُ مَا أُرِيْدُ. اللَّهُمَّ ابْعَثْ ثَوَابَهَا إِلَى رُوْحِ ... بْنِ ...

Allohumma Inni Shollaitu Hadzihis Sholata Wa Ta’lamu Ma Uridu. Allohummabngats Tsawabaha Ila Ruuhi ... bin ... (sebut nama jenazah).

“Ya Alloh, saya melakukan sholat ini dan Engkau tahu apa yang saya maksudkan. Ya Alloh, kirimkanlah pahala sholat ini kepada ... bin ... (sebut nama jenazah).”

Wallohu A'lam.

Baca : Manfaat Fadhilah Sholat Anisil Qobri

Rate This Article

Thanks for reading: Sholat Sunnah Unsi Lil Qobri (Anisil Qobri) Lengkap Arab Latin dan Artinya, Sorry, my English is bad:)

Getting Info...

About the Author

Pengalaman Adalah Guru Terbaik. Maka, Kita Pasti Bisa Kalau Kita Terbiasa. Bukan Karena Kita Luar Biasa. Setinggi Apa Belajar Kita, Tidahlah Menjadi Jaminan Kepuasan Jiwa, Akan Tetapi Yang Paling Utama Adalah Seberapa Besar Kita Bermanfaat Untuk Ses…

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.