Sholat Sunnah Lailatun Nahri Lengkap Arab Latin dan Artinya

Panduan Tatacara serta Niat Sholat Sunnah Lailatun Nachri
Panduan Tatacara serta Niat Sholat Sunnah Lailatun Nachri
Sholat Sunnah Lailatun Nahr

Sholat Sunnah Lailatun Nachri adalah sholat sunnah yang dikerjakan dengan 2 rokaat, dan waktunya malam hari raya Idul Adha setelah sholat isya', dan yang lebih utama pertengahan malam (malam 10 Dzulhijjah).


Panduan Sholat Lailatun Nahr

Diriwayatkan, bahwa Baginda Nabi bersabda, "Barang siapa menghidupi malam hari raya (Idul Fitri / Idul Adha) dan malam Nisfu Sya'ban, maka hatinya takkan mati di hari yang mana semua hati mati.

عَنْ اَبِيْ أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَى لَيْلَةَ النَّحْرِ رَكْعَتَيْنِ يَقْرَأُ فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ.. الخ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً وَقُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً وَقُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً فَإِذَا سَلَّمَ قَرَأَ اَيَةَ الْكُرْسِيِّ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ وَاَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً جَعَلَ اللهُ اِسْمَهُ فِيْ اَصْحَابِ الـْجـَنَّةِ وَغَفَرَ لَهُ ذُنُوْبَ السِّرِ وَذُنُوْبَ الْعَلَانِيَّةِ وَكَتَبَ لَهُ بِكُلِّ أَيَةٍ قَرَأَهاَ حَجَّةً وَعُمْرَةً وَكَأَنَّمَا أَعْتَقَ سِتِّيْنَ رَقَبَةً مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيْلَ وَإِنْ مَاتَ فِيْمَا بَيْنَهُ وَ بَيْنَ الْجُمْعَةِ اْلأُخْرَى مَاتَ شَهِيْدًا

Dari Abi Umamah ra, Baginda Nabi bersabda, "Barang siapa melakukan sholat lailatun nahr dengan dua rokaat, dan di setiap rokaatnya ia membaca Al-Fatihah 15x, Al-Ikhlas 15x, Al-Falaq 15x, An-Nas 15x, dan setelah salam ia membaca ayat kursi 3x, dan istighfar 15x, maka Alloh SWT akan mencantumkan namanya sebagai penghuni surga, dosa-dosanya diampuni baik dosa dzohir maupun batin, dan Alloh menjadikan setiap satu ayatnya yang dibaca seperti ibadah haji dan umrah, dan diberi pahala sebagaimana pahala me-merdeka-kan 60 budak hamba sahaya dari keturunan Nabi Ismail, dan apabila ia mati diantara sholatnya dengan jum'at depannya, maka ia mati syahid.

Niat Sholat Lailatun Nahr

أُصَلِّى سُنَّةً لِّإِحْيَآءِ لَيْلَةِ النَّحْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا / إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatal Li-ikhyaa-i Lailatin Nakhri Rokngataini Ma'muuman / Imaaman Lillaahi Tangaalaa.

Saya Niat Sholat Sunnah sebab menghidupkan Lailatun Nahr dua rokaat menjadi makmum / imam karena Alloh Ta'ala.


Tata Cara Sholat Lailatun Nahr

Secara umum, tatacara sholat sunnah lailatun nahri sama seperti sholat sunnah lainnya yaitu dulaksanakan dengan jumlah 2 rokaat, akan tetapi letak perbedaannya pada bacaan setiap roka'atnya membaca:

  1. Surat Al-Fatihah 15x,
  2. Surat Al-Ikhlas 15x,
  3. Surat Al-Falaq 15x, dan
  4. Surat An-Nas 15x.

Kemudian setelah salam, dilanjutkan dengan membaca:

  1. Ayat Kursi 3x, dan
  2. Istighfar 15x.

Sumber kitab: (Al-Quro Li Qosidi Ummil Quro. hal 424)

Rate This Article

Thanks for reading: Sholat Sunnah Lailatun Nahri Lengkap Arab Latin dan Artinya, Sorry, my English is bad:)

Getting Info...

About the Author

Pengalaman Adalah Guru Terbaik. Maka, Kita Pasti Bisa Kalau Kita Terbiasa. Bukan Karena Kita Luar Biasa. Setinggi Apa Belajar Kita, Tidahlah Menjadi Jaminan Kepuasan Jiwa, Akan Tetapi Yang Paling Utama Adalah Seberapa Besar Kita Bermanfaat Untuk Ses…

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.