{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Tatacara dan Niat Sholat Jenazah Anak Lengkap Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi
Panduan Sholat Jenazah Anak belum Baligh atau Masih Bayi
Panduan Sholat Jenazah Anak belum Baligh atau Masih Bayi

Mensholatkan merupakan bagian dari serangkaian kewajiban orang hidup terhadap orang yang telah meninggal. Sebagaimana diketahui, praktiknya terdiri dari empat takbir, dimana takbir pertama membaca surat al-Fatihah, takbir kedua membaca shalawat, takbir ketiga dan keempat mendoakan dan memohonkan ampunan baginya.

Hanya saja ada sedikit perbedaan jika yang disholatkan adalah jenazah janin keguguran yang sudah bernyawa, jenazah bayi, atau jenazah anak-anak yang belum dewasa. Terlebih, jenazah anak-anak yang meninggal sebelum taklif sesungguhnya adalah satu keistimewaan karena merupakan simpanan kebaikan dan pemberi syafaat bagi kedua orang tuanya kelak di akhirat.

Dimulai dari niat sholatnya.


Niat Sholat Jenazah Dewasa

Jika biasanya menggunakan niat:

أُصَلِّى عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ/هَذِهِ الْمَيِّتَةِ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَات فَرْضَ الْكِفَايَةِ للهِ تَعَالَى

Usholli Ngalaa Hadzal Mayyiti (Hadzihil Mayyitati) Arbanga Takbiirotin Fardhol Kifaayati Lillahi Tangaalaa.

“Saya berniat mensholati mayat ini sebanyak empat kali takbir sebagai fardhu kifayah karena Alloh Ta'ala.“

Baca Juga : Doa Memasukkan Jenazah ke Dalam Kubur


Niat Sholat Jenazah Anak

Maka niat sholat jenazah bayi atau jenazah anak ditambahkan menjadi:

أُصَلِّى عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ اَلطِّفْلِ/هَذِهِ الْمَيِّتَةِ الطِّفْلَةِ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَات فَرْضَ الْكِفَايَةِ للهِ تَعَالَ

Usholli Ngalaa Hadzal Mayyitit Thifli (Hadzihil Mayyitatit Thiflati) Arbanga Takbiirotin Fardhol Kifayati Lillaahi Tangaalaa.

“Saya berniat mensholati mayat anak ini sebanyak empat kali takbir sebagai fardhu kifayah karena Alloh.”


Tatacara Sholat Jenazah Anak

Panduan dan tatacara sholat jenazah anak tidak berbeda dengan sholat jenazah pada umumnya.

  1. Niat Sholat Jenazah Anak

    Membaca Niat Sholat Jenazah Anak Laki-Laki atau Anak Perempuan seperti di atas.

  2. Takbir Pertama

    Takbir Pertama atau sering disebut dengan Takbirootul Ikhrom yang dilanjutkan dengan membaca surat al-Fatihah. Usai membaca surat al-Fatihah, kemudian melaksanakan takbir kedua berikut ini.

  3. Takbir Kedua

    Takbir Kedua dilanjutkan dengan bacaan sholawat ibrohimiyyah yang sudah masyhur:

    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ .....

  4. Takbir Ketiga

    Selanjutnya takbir ketiga dilanjutkan dengan bacaan doa. Jika biasanya membaca doa berikut:

    اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، وَارْحَمْهُ، ....

    Maka doa tersebut ditambahkan atau digantikan dengan doa yang dicontohkan Rosulullah SAW, sebagaimana yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dari Abu Huroiroh. (Lihat: al-Imam an-Nawawi, Roudhotut Tholibin, jilid II, halaman 127; lihat pula: Syarh al-Muhadzdzab, jilid V, halaman 238).

    اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيرِنَا وَكَبِيرِنَا وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا اللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الْإِسْلَامِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى الْإِيمَانِ

    “Ya Alloh, ampunilah orang hidup di antara kami, orang yang meninggal di antara kami, orang yang hadir di antara kami, orang yang tidak hadir di antara kami, anak kecil di antara kami, orang dewasa di antara kami, kaum laki-laki di antara kami dan kaum perempuan di antara kami. Ya Alloh, siapa saja yang Kauhidupkan di antara kami, maka hidupkanlah dalam keadaan beragama Islam dan siapa saja yang Kauwafatkan di antara kami, maka wafatkanlah dalam keadaan beriman.”

    Selanjutnya ditambahkan doa berikut:

    اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِأَبَوَيْهِ وَسَلَفًا وَذُخْرًا وَعِظَةً وَاعْتِبَارًا وَشَفِيعًا وَثَقِّلْ بِهِ مَوَازِينَهُمَا وَأَفْرِغْ الصَّبْرَ عَلَى قُلُوبِهِمَا، وَلَا تَفْتِنْهُمَا بَعْدَهُ وَلَا تَحْرِمْهُمَا أَجْرَهُ

    “Ya Alloh, jadikanlah anak ini sebagai pendahulu dan pelopor kedua orang tuanya, juga sebagai simpanan, dan nasihat, serta menjadi pelajaran dan pemberi syafaat kelak bagi keduanya. Dengannya, beratkan timbangan amal kedua orang tuanya, curahkan kesabaran ke dalam hati keduanya, jangan jadikan fitnah kepada keduanya setelah kematiannya, jangan halangi keduanya dari pahalanya.”

    (Lihat: Imam An-Nawawi, Raudhatut-Thalibin, jilid II, halaman 127).

  5. Takbir Keempat

    Setelah itu melaksanakan takbir keempat dilanjutkan dengan doa mayit yang sudah masyhur di kalangan kaum Muslimin, yaitu:

    اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ ....

  6. Salam Lengkap

    Terakhir, sholat jenazah ditutup dengan salam secara lengkap.

Selain dalam sholat jenazah, doa khusus jenazah anak ini juga tidak ada salahnya jika diperbanyak di luar sholat jenazah.

Wallohu a’lam.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Tatacara dan Niat Sholat Jenazah Anak Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar