{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Niat Mandi Wiladah Lengkap Arab Latin dan artinya serta Tata Caranya

Daftar Isi
Niat Mandi Wiladah Beserta Tatacaranya
Niat Mandi Wiladah Beserta Tatacaranya

Mandi wiladah atau mandi besar setelah melahirkan adalah sebuah tindakan penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh seorang wanita setelah proses kelahiran. Tindakan ini mencakup niat yang tulus dalam hati untuk membersihkan diri dari hadats besar yang timbul akibat melahirkan. Niat mandi wiladah ini merupakan landasan utama dalam menjalani prosedur suci ini.

Penting untuk memahami bahwa niat mandi wiladah harus tulus dan ikhlas, dengan kesadaran sepenuhnya bahwa tindakan ini dilakukan semata-mata karena Alloh SWT. Ini bukan hanya sekadar tindakan membersihkan tubuh, tetapi juga bagian dari ibadah yang mendatangkan pahala. Dalam Islam, niat mandi wiladah adalah penegasan tekad untuk menjalani perintah Alloh dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

Tata cara mandi wiladah juga mencakup langkah-langkah yang harus diikuti dengan hati-hati. Selain niat mandi wiladah, ada berbagai tahapan seperti membersihkan kemaluan, mencuci seluruh tubuh, dan mengguyur kepala. Semua langkah ini dijalani dengan penuh kesungguhan, karena kebersihan fisik juga mencerminkan kebersihan spiritual.


Pengertian Mandi Wiladah

Wiladah adalah proses kelahiran seorang bayi. Dalam konteks agama Islam, wiladah merujuk pada proses kelahiran bayi dan bagaimana ibu yang baru melahirkan perlu menjalani sejumlah tata cara bersuci yang diatur dalam agama untuk membersihkan dirinya dari hadats besar (keadaan yang mengharuskan mandi besar) yang disebabkan oleh proses kelahiran.

Mandi wiladah adalah bagian dari tata cara kesucian dalam Islam dan harus dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan agar bisa kembali melakukan ibadah seperti sholat dan puasa. Mandi wiladah biasanya dilakukan setelah bayi lahir, dan tata cara mandi wiladah telah dijelaskan dalam hadits dan ajaran agama Islam.


Kapan Mandi Wiladah dilakukan?

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang menanyakan tentang waktu pelaksanaan Mandi Wiladah.

Mandi wiladah adalah mandi yang dilakukan setelah seorang wanita melahirkan anak. Jadi waktu pelaksanaan Mandi Wiladah itu adalah ketika seorang wanita melahirkan sang anak.

Mandi Wiladah wajib dilakukan oleh para perempuan yang baru saja selesai melahirkan, meski ia melahirkan tanpa ada darah sekalipun. Begitu pula untuk wanita yang mengalami keguguran, mereka juga dianjurkan untuk melaksanakan mandi wiladah, termasuk mereka yang melahirkan dengan cara operasi sesar.


Kenapa harus melakukan Mandi Wiladah?

Ketika seorang wanita melahirkan pasti ia akan mengeluarkan bayi yang berada di dalam kandungnya beserta darah atau berbagai “kotoran” lain.

Melahirkan ialah salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya hadats besar bagi para wanita. Maka dari itu, saat seorang wanita yang sudah melahirkan ia diwajibkan untuk mandi.


Niat Mandi Wiladah

Hal yang tidak boleh anda lupakan dalam melaksanakan Mandi Wiladah ialah membaca niat. Niat ini harus anda baca di dalam hati, kalaupun diucapkan melalui ucapan maka itu bagian dari usaha untuk memantapkan bacaan. Yang wajib ialah membaca niat di dalam hati.

Berikut bacaan niat mandi wiladah lengkap arab latin dan artinya yang bisa dilafalkan oleh wanita muslimah.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ عَنِ الْوِلَادَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla lirofngil hadatsil akbari nganil wilaadati lillaahi tangaalaa.

"Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar sebab wiladah karena Alloh Ta'ala."


Tatacara Mandi Wiladah

Pelaksanaan Mandi Wiladah sebenarnya hampir sama dengan mandi-mandi yang lainnya. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum melaksanakan mandi wiladah seorang wanita wajib membaca niat di dalam hati. Namun sebelum membaca niat, bacalah basmallah terlebih dahulu
  2. Setelah itu cuci atau basuhlah kedua telapak tangan dengan memakai air sebanyak tiga kali
  3. Sesudah kedua telapak tangan anda tersebut selesai dibasuh, bagian tubuh selanjutnya yang wajib dibasuh ialah kemaluan. Apabila dirasa perlu anda bisa menggunakan wewangian guna memastikan kebersihan dari organ kemaluan yang merupakan jalan lahir dari sang anak (bayi)
  4. Sesudah selesai membersihkan kemaluan dan juga tangan yang dipergunakan untuk membersihkannya kemudian dilanjutkan dengan melakukan wudhu
  5. Setelah anda selesai melaksanakan wudhu siramlah kepala sebanyak tiga kali dengan memakai air sekitar kepalan telapak tangan. Proses penyiraman kepala harus dilaksanakan dimulai dari bagian sebelah kanan
  6. Sesudah anda selesai menyiram kepala, kemudian siramlah semua anggota tubuh, bersihkanlah dengan menggunakan sabun apabila diperlukan. Jangan lupa juga agar membersihkan semua bagian lipatan tubuh
  7. Usai semua anggota tubuh dibasuh dengan akhir, tahap terakhir adalah membasuh kedua kaki dengan memakai air.

Ingat ya, air yang dipakai untuk Mandi Wiladah haruslah air suci dan mensucikan ya. Dan pastikan air tersebut mencapai lebih dari 2 kulah.


Demikianlah informasi mengenai Niat Mandi Wiladah Beserta Tata Caranya yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Niat Mandi Wiladah Lengkap Arab Latin dan artinya serta Tata Caranya, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar